Di Pantai Pangandaran Sedang Memasuki Musim Turis Bule

Di Pantai Pangandaran Sedang Memasuki Musim Turis Bule

PANGANDARAN,(PR).- Sudah menjadi hal biasa setiap memasuki bulan Juli hingga pertengahan September, jumlah pengunjung mancanegara ke obyek wisata Kabupaten Pangandaran meningkat dari bulan-bulan biasanya. Bahkan tampak yang turun dari pesawat di bandara Nusawiru Cijulang Pangandaran pun didominasi oleh penumpang asal negara luar.

“Sekarang musim orang bule, karena penumpang yang turun dari pesawat sekarang mayoritas oleh orang bule,” ujar Petugas Operasional PT Susi Air Aviantion Oki Yanto saat ditemui di bandara.

Peningkatan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ini juga dibenarkan oleh anggota Himpunan Pramuwisata Indonesia Kab Pangandaran, Sutan Abdul Rosid yang akrab disapa kang Ocid.

Pasalnya, menurut Ocid, di bulan Juli sampai pertengahan September terutama di negara Eropa itu sedang berlangsung musim panas atau summer time.

“Kalau di Eropa saat musim panas itu musim liburan sekolah, jadi banyak turis bule yang memilih berwisata ke beberapa obyek wisata di Indonesia termasuk Bali dan pantai Pangandaran,” ujar Ocid, Selasa, 23 Juli 2019.

Menurut Ocid, biasanya turis bule itu datang ke Pangandaran melalui jasa travel agen yang didominasi merupakan wisatawan dari negara Belanda.

“Yang lainnya wisatawan dari Australia, Prancis dan Jepang,” ujarnya.

Pengembangan bandara

Sementara untuk wisatawan dari negara Amerika sudah jarang yang mau berwisata ke Pangandaran dan memilih berwisata ke Bali yang transportasi udaranya sudah bagus.

“Maka kami berharap adanya pengembangan bandara Nusawiru agar turis dari Amerika mau berwisata ke Pangandaran,” harapnya.

Sementara di tempat terpisah, Ketua Association of The Indonesian Tours And Travel Agencies (ASITA) Asosiasi Perusahaan Perjalanan Wisata Indonesia di Kab Pangandaran, Adrian Saputro, mengatakan, turis asing liburan waktu bisa sampai 1 bulan lamanya.

“Karena mereka memang sudah mengatur untuk liburan dengan terencana,” ujar Adrian kepada wartawan Kabar Priangan, Agus Kusnadi.

Biasanya bule yang ke Pangandaran, kata aadrian, mereka transit sebelum ke Yogyakarta, dan umum nya tiris bule yang ke Pangandaran stay bisa mencapa 3 sampai 5 hari.

Dirinya berharap, mudah-mudahan dengan adanya kereta api dan pengembangan bandara Nusawiru bisa menjadi daya tarik bule ke Pangandaran.

“Karena kita tau bahwa angka kunjungan turis bule ke Pangandaran menurun,” ungkapnya.

Pasalnya kata Adrian, turis bule yang ke Pangandaran biasanya mereka melihat review destinasi akhir.

“Misal mereka destinasi akhir Bali, mereka in dari jakarta, maka destinasi sekitar sebelum ke Bali itu mana saja, maka ada Jakarta, Bogor, Bandung, Pangandaran, Jogja dan Bromo,” ujarnya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *